Bidang-Bidang Industri Yang Berbasis Teknologi Kreatif
Beberapa Contoh-Contoh Bidang Industri Berbasis Teknologi Kreatif adalah :
Periklanan
Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu
arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi
dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: riset pasar, perencanaan
komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye
relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan
elektronik (Televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar,
penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi
dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk
iklan. Teknologi tidak pernah lepas dari apa yang disebut komunikasi. Dengan
teknologi, suatu arus komunikasi dapat berjalan lebih cepat dan melalui arus
itu pula lah suatu teknologi terpublikasikan. Dunia komunikasi telah melahirkan
berbagai macam bidang yang tentunya memiliki spesialisasi masing-masing seperti
hubungan masyarakat maupun periklanan. Teknologi tidak pernah lepas dari apa
yang disebut komunikasi. Dengan teknologi, suatu arus komunikasi dapat berjalan
lebih cepat dan melalui arus itu pula lah suatu teknologi terpublikasikan.
Dunia komunikasi telah melahirkan berbagai macam bidang yang tentunya memiliki
spesialisasi masing-masing seperti hubungan masyarakat maupun periklanan.
Namun, seiring berkembangnya teknologi, bidang-bidang tersebut turut mengalami
perkembangan yang akhirnya membentuk cara-cara baru dalam membangun suatu arus
informasi. Bagaimana hal itu dapat terjadi dan melalui apa suatu arus
komunikasi baru dapat tercipta?
Public Relations
Secara singkat, Public relations (PR) merupakan fungsi
manajemen yang bertugas untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik
antara organisasi dengan publiknya. Dalam menjalankan tugasnya, para praktisi
PR banyak mempergunakan media dan teknologi sebagai sarana pengiriman pesan,
seperti melalui news release, pitch letters, maupun press kits. News
release merupakan suatu tulisan yang dikirimkan kepada editor atau reporter
suatu media sebagai bahan informasi untuk penulisan suatu berita. Pitch
letters merupakan ulasan lebih luas terhadap topik tertentu yang dikirimkan
secara eksklusif terhadap editor atau reporter yang diinginkan. Sedangkan press
kits, merupakan kumpulan materi publikasi seperti brosur, foto, kartu nama,
dan lain sebagainya yang diletakkan dalam satu tempat.
Ketika alat publikasi tersebut, jika dihubungkan dalam satu
persamaan, masih dibuat melalui media-media konvensional, yaitu media cetak.
Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, muncul lah media-media baru yang
mengandalkan komunikasi melalui audio, video, atau bahkan komputer yang tentu
saja semakin memberikan kemudahan bagi praktisi PR dalam menjalankan
tugas-tugasnya.
Video News Release (VNR)
Pada dasarnya, VNR sama dengan news release yang
sebelumnya telah dikenal, hanya saja menggunakan format audio-visual.
Secara singkat, VNR merupakan bentuk multimedia dari news release yang
dicetak. VNR dibuat oleh Humas dan diberikan tanpa biaya ke stasiun-stasiun
televisi untuk ditayangkan bersama siaran berita lain. Durasinya sekitar 90
sampai 120 detik. VNR mengandung trek audio terpisah sehingga stasiun televisi
dapat menggantinya dengan suara reporter mereka sendiri. Penggunaan media ini
agak mahal namun juga menguntungkan karena pesan yang disampaikan akan menjadi
lebih menarik dan mudah dimengerti.
Editted B-Roll (Outtake) Packages
Editted B-Roll (Outtake) Packages adalah salah satu bentuk dari VNR
namun dengan durasi yang lebih panjang yaitu 3-5 menit. B-Roll lebih
efisien dari segi biaya karena tidak melalui proses pengeditan dan dapat
bekerja untuk proyek yang cepat.
Satellite Media Tour (SMT)
Satellite Media Tour (SMT) memungkinkan pembicara dari perusahaan yang telah ditunjuk
untuk diwawancarai dalam acara TV di berbagai negara selama 3-4 jam dan
hasilnya disiarkan ke 15 hingga 25 stasiun televisi di dunia secara bersamaan.
Dengan teknologi ini, hanya dibutuhkan beberapa jam untuk wawancara, dan
khalayak bisa menyaksikan secara langsung pada saat itu juga melalui chanel TV.
E-SMT
E-SMT adalah SMT yang
dilakukan dengan menggunakan teknologi internet dan menggunakan satelit dan
komputer dalam proses pengerjaannya. Dengan E-SMT, media dan khalayak
dapat ikut berpartisipasi dalam konferensi dimana dengan mengirimkan pertanyaan
lewat e-mail baik sebelum, selama atau setelah acara berlangsung.
Webcast
Webcast adalah
bentuk produksi penyiaran melalui video streaming dan audio yang
digunanakan untuk konferensi pers secara langsung atau acara lainnya. Webcast
dapat disiarkan sesuai permintaan khalayak sehingga bisa diputar ulang di lain
waktu.
Interactive News Release
Interactive News Release dikirim melalui e-mail atau dipost lewat website
untuk memberikan gambaran umum pada masyarakat atau pada area yang hanya boleh
dimasuki oleh pers.
Electronic Press Kits (E-Kits)
E-Kits
adalah bentuk press kits dengan menggunakan media internet dan bukan
dicetak seperti yang dilakukan sebelumnya. Terdapat CD-ROMs yang berisi
informasi, seperti news release, foto produk, dsb.
Blogs atau Web Logs
Blogs atau Web Logs
adalah media yang dapat menyebarkan berita, rumor, kritik, dan opini dengan
cepat sehingga praktisi humas dapat melihat isu-isu yang beredar yang dapat
mempengaruhi klien mereka.
Online Advocacy System
Online Advocacy System mengizinkan sebuah perusahaan untuk mengatur kampanye online
yang melibatkan pekerja, investor, para pemegang saham, dan bagian-bagian
lainnya untuk mempromosikan kepentingan mereka
Online Media Database
Online Media Database berisi ribuan informasi mengenai reporter dan editor dari USA
dan berbagai belahan dunia. Database ini digunakan untuk mencari data pribadi
seseorang yang dapat memudahkan para humas untuk melaksanakan pekerjaannya.
Online Tracking and Monitoring System
Online Tracking and Monitoring System membantu praktisi PR untuk melacak apa yang
dikatakan media, kompetitor, pelanggan, dan lainnya mengenai klien praktisi PR
tersebut.
Arsitektur
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan,
perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan
konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban
design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi,
misalnya: arsitektur taman, desain interior).
Bisnis Online
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang
asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui
lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik,
percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan. Dengan
perkembangan teknologi yang sangat pesat ini kegiatan kreatif yang berkaitan
kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga
pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian
produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu
berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas,
perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat,
dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang
relatif kecil (bukan produksi massal) semua produk ini dapat didapatkan dengan
mudah melalui dunia internet. Mengingat bisnis online ini sedang marak
berkembang di dunia tak terkecuali di Indonesia. Untuk itu perlu kita garis
bawahi bahwa kaitan antara bisnis online ini dengan teknologi informasi sangat
erat, karena tidak mungkin adanya bisnis online yang pada dasarnya merupakan
hasil perkembangan dari teknologi informasi khususnya internet
Desain
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis,
desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas
perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
Adapun sub desain yang berkaitan dengan teknologi informasi yaitu desain
grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah
mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design
grafis seperti desktop publishing, webdesign, audiovisual dan rendering 3
Dimensi.
Fashion
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian,
desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan
aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
Peranan teknologi informasi dalam fashion lebih ditekankan dalam membantu
pemasaran produk2 fashion. Karena kebanyakan dari kita saat ini lebih sering
membuka sesuatu informasi dari berita sampai berbelanja dari dunia maya
Video, Film & Fotografi
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video,
film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di
dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi
film. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar
bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat
juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
Hubungan antara teknologi informasi dan video ini bisa dilihat
dari jenis-jenis video :
Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga
kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit,
melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.
– Kategori pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke
berbagai tujuan. Pemancaran seperti ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat
IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman.
– Kategori kedua adalah video berdasarkan permintaan, jadi hanya
satu pengguna yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan dalam IP
unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan di server.
– Kategori ke tiga adalah sebuah konferensi video interaktif
yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna. Ini adalah tipe video
paling kompleks, dan dibutuhkan baik transmisi IP unicast bahkan di beberapa
kasus multicast tergantung skenarionya masing-masing.
Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV
yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat
telepon atau lewat kanal pemancar.
Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan
kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra
digital di layar video.
Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang
memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori
ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan
secara dua arah dari suatu gambar dan suara.
Selain itu, teknologi informasi juga berperan dalam video
editing, karena dalam mengedit video dibutuhkan berbagai macam software,
misalnya vegas.
Permainan Interaktif
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan
distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan
edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan
semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi. Permainan
interaktif atau lebih kita kenal dengan games sangat diminati oleh masyarakat
pada umumnya. Melalui perkembangan teknologi informasi games ini berkembang
menjadi game online yang sedang marak saat ini.
Musik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi,
pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Sekarang ini sudah banyak
software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau lapto,
melalui software ini kita tidak perlu memainkan alat music secara langsung.
Beberapa software itu antara lain : fruity loops, dll
Seni Pertunjukan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan
konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional,
tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur
musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata
pencahayaan. Melalui perkembangan teknologi informasi kita bisa melihat semua
seni di dunia ini melaui youtube.
Penerbitan & Percetakan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan dengan penulisan konten dan
penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta
kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup
penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil,
obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang,
dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir
(engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan,
dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
Layanan Komputer & Piranti Lunak
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.
Televisi & Radio
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
Riset & Pengembangan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni; serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.
Software
Software
Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang
dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak
ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun
dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan
logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut
juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software
ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan
data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat
dimengerti oleh mesin computer.
Sekarang ini berkembang berbagai macam software yang digunakan
untuk mempermudah kegiatan hidup manusia.
Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini:
–
Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature
database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan
oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus
dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh
vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya,
daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan
dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor
antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus
signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature
ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara
gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).
–
Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus
seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang
diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga
sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan)
yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada
kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan,
seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk
mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam
address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan
virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan
oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang
dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan
selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya
virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature.
Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak
secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat
alarm palsu atau “False Alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”),
atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika
konfigurasi antivirus terlalu “lunak”), terjadi false positive. Beberapa produsen
menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning.
Beberapa contoh antivirus yaitu : smadav, avira, ansav, dll
Robotik
Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Sedangkan secara terminologi, arti yang paling tepat dengan istilah robot mengandung pengertian “System atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis”.
Robotika ini merupakan salah satu industri kreatif berbasis
teknologi informasi karena dalam pembuatan maupun pemrogramannya dibutuhkan
kefasihan menggunakan it.
Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu
pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing membutuhkan orang
dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:
- Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
- Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
- Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.
Animasi
Definisi animasi sendiri berasal dari kata ‘to animate’ yang berarti menggerakkan,menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan.Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan karakterisasi. jadi Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah “menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak” yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi.Diera teknologi saat ini banyak sekali sofwer sofwer computer yang mensuport pembuatan animasi seperti : Diretor, Adobe Imag redy, Flash, Autodesk 3d studio max, ulead Cool 3D studio,Autodesk Maya dan lain-lain.Animasi tidak hanya untuk film kartun saja, dapat juga kita gunakan untuk media media pendidikan, inpormasi, dan media pengetahuan lainnya yang tidak dapat dijangkau dengan live atau real time melalui kamera foto atau video, contoh misalnya membuat film proses terjadinya tsunami,atau proses terjadinya gerhana matahari, ini akan sulit ditempuh dengan pengambilan gambar langsung melalui Pada dasar animasi yang harus ketahui adalah unsure unsure gaya tarik, gaya dorong maupun gravitasi bumi, dan kelenturan gerakan, ini sangat penting disaat kita membuat inbeetwin ( rangkaian gambar ).
Sebelum kita membuat inbeetwin diatas kertas terlebih dahulu
kita buat guideline gerakan yang diinginkan lalu menentukan titik titik
rangkaian gambar yang akan kita buat Kita dapat menghitung gambar gambar yang
akan dibuat dengan rasio film/ video, pada rasio video system PAL yaitu : 25
freme/detik sitem NTSC yaitu : 30 freme/ detik. Kita tidak perlu membuat gambar
setiap freme cukup 1 gambar untuk 2 freme berarti membuat gerakan 1 detik hanya
diperlukan 12 gambar ini guna untuk mengefektifkan gambar yang kita buat,
karena mata kita hanya mampu melihat pergantian gambar 6 freme/detik selebih
dari itu yang terlihat hanyalah suatu gerakan.Untuk menentukan titik titik pada
guideline yang kita akan gambar tidak sama jaraknya karena kita harus
mengkaitkan unsure gaya tarik gaya dorong dan gravitasi serta kelenturan
gerakan lihat contoh sederhana kameraUntuk membuat film/ video animasi tidak
cukup hanya mengandalkan sofwer yang ada, melainkan kita harus dapat menguasai
dasar dasar animasi terlebih dahulu agar hasil animasi kita mencapai
sempurna.Pada ummnya Banyak dikalangan remaja remaja kita yang berminat membuat
video animasi kartun khususnya remaja SMK Multimedia yang hanya mengadalkan
sofwer computer saja tidak mendapatkan pengetahuan dasar animasi padahal basic
mengambarnya sudah memadai. Animasi bukan teknologi yang baru lagi dan telah
digunakan dalam berbagai film-film menarik. Namun demikian perkembangannya di
Indonesia berjalan lambat sekali. Dari sekian banyak film animasi tiga dimensi
yang beredar hampir semuanya adalah buatan luar negeri, bahkan sebagian besar
masyarakat tidak mengetahui adanya karya lokal.Sebenarnya Indonesia juga
memiliki animator-animator handal, ironisnya karya mereka justru diekspor ke
negara lain seperti yang dilakukan oleh Castle Animation di Jakarta.
Permasalahannya adalah karena investor di Indonesia sendiri belum melihat
animasi sebagai sektor yang menguntungkan.Memperhatikan film-film animasi layar
lebar yang beredar, hampir semuanya menggunakan satu teknik saja yaitu umumnya
adalah animasi 3-D seperti yang biasa dilakukan Pixar studio, stop motion yang
biasa dilakukan oleh Aardman, atau 2-D yang biasa dilakukan oleh Disney.Untuk
dapat mempergunakan media film ada dua masalah pokok yang harus dihadapi, yaitu
masalah teknis film clan masalah teknik mengemukakan sesuatu denga film atau
biasa disebut teknik presentasi. Demikian juga dengan hal yang harus diketahui
di dalam film animasi, yaitu masalah teknik animasi, dan masalah teknik
mengkomunikasikan sesuatu dengan teknik animasi. Sering perkataan teknik
berkomunikasi lebih akrab dikatakan seni berkomunikasi.
0 komentar: